iklan 336x280 atas
336x280 tengah
300x600

Menjadi guru Bisnis Online SMK yang profesional, Siapa sich yang tidak kepengen?

Anda Guru BDP atau PKK?

Anda guru di SMK?, terutama guru Bisnis Online di Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran atau guru Mata pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) di semua Kompetensi keahlian tentu sudah faham dengan KI KD yang berkaitan dengan Kompetensi Pemasaran Online atau bisnis online.

Nah di era digital saat ini, SMK dengan kurikulum ganda dituntut dapat memberikan bekal siswa untuk BMW, apa itu? Bekerja, Melanjutkan atau Wirausaha. Kurikulum kokurikuler dan Praktik Pengalaman lapangan dipadukan agar semakin komplit kompetensi siswa untuk BMW tadi.

Tujuan pendidikan dapat tercapai tergantung bagaimana kualitas pendidiknya. Di point ini, gurulah yang berperan penting untuk dapat mencetak lulusan yang sesuai tujuan. Namun pertanyaan mendasarnya, apakah kompetensi guru dalam mendidik siswa sudah sesuai dengan yang diharapkan?

DOWNLOAD E BOOK GRATIS

Menjadi Guru Profesional

Menjadi seorang guru profesional adalah dambaan semua orang yang berprofesi sebagai guru. Menjadi seorang guru, bukanlah perkara mudah. Karena guru tidak hanya dituntut untuk transfer of knowledge dan transfer of value namun juga memberikan exprerience kepada siswa sehingga kompetensinya terasah dan siap Bekerja, Melanjutkan atau Wirausaha.

Tuntutan menjadi guru yang profesional terutama guru Bisnis Online atau Guru PKK adalah sebuah keharusan. Namun apakah Anda sebagai guru sudah siap?

Baca Juga:
11 Resep Tokcer Memulai Bisnis Online
Resep yang lebih tokcer dari resep dokter tentunya,he

Langkah Awal menjadi Guru Bisnis Online SMK

1. Mempelajari materi dengan detail

Guru yang baik tentu guru yang telah menguasai materi yang akan diajarkan kepada siswa. Bagaimana mungkin guru dapat mengajar kalo ia sendiri tidak menguasai materinya. Maka belajar hingga ke bagian materi-materi yang detail perlu dilakukan. Luasnya materi bisnis online memerlukan guru untuk memilah mana materi pokok yang perlu diajarkan lebih awal dan mana materi pelengkap.

2. Belajar Praktik Bisnis Online

Praktik belajar bisnis online. Nah di sisi inilah kebanyakan guru mengalami kendala, karena dari jumlah ribuan guru bisnis online dan PKK hanya sebagian kecil guru yang menguasai praktik bisnis online secara profesional. Kebanyakan hanya menguasai materi tanpa punya pengalaman praktik apalagi benar-benar punya pengalaman melakukan bisnis online.

Inilah persoalan mendasarnya, guru tidak memiliki pengalaman melakukan bisnis online. Sehingga bagaimana mungkin guru dapat menghadirkan pengalaman yang bermakna kepada siswa jika gurunya sendiri tidak memiliki gambaran pengalaman berproses melakukan bisnis online secara profesional.

3. Mengikuti Kursus Bisnis Online

Saya menyarankan kepada para Guru Bisnis Online atau PKK agar mengikuti kursus, pelatihan, workshop atau seminar bisnis online yang tentu ini sangat berharga sebagai bekal guru mendapatkan pengalaman praktik bisnis online. Dengan pengalaman ini diharapkan guru dapat menyajikan praktik terbaik kepada siswa tentang bisnis online, bukan sekedar materi teori bisnis online.

Mau E Book: 11 Resep Tokcer Memulai Bisnis Online, KLIK DI SINI

4. Bergabung dengan Komunitas Bisnis Online

Ngapain sich guru ko bergabung ke komunitas bisnis? kan ga penting.
Justru ini yang sangat-sangat penting, selama ini guru tersekat oleh tembok dinding sekolah dan kurang update informasi di luar dunia pendidikan. Bisa jadi karena sudah berada di Comfort Zone atau zona nyaman dan tidak tertarik terhadap dunia di luar, apalagi dunia bisnis yang sangat atraktif, dinamis dan menantang.( mau bergabung dengan grup guru belajar bisnis, gabung saja ke grup facebook: https://www.facebook.com/groups/gurupreneurgo/) KLIK DI SINI

5. Benar-benar terjun ke dunia bisnis online

Nah, ini puncaknya......
Saya menyarankan Anda para guru bisnis online dan PKK untuk memulai terjun beneran melakukan bisnis online. Apa manfaatnya? nanti akan nambah kesibukan dan pekerjaan.
Yang pertama, dengan terjun di bisnis online, Anda akan mengerti bagaimana memulai bisnis online hingga menjalankan dan membesarkannya.
Kedua, dengan memiliki pengalaman nyata melakukan bisnis online, Anda akan mengerti bagaimana kesulitan-kesulitan nyata dan bukan sekedar teori yang semua seakan lancar, begitu bisnis online akan langsung berhasil. Dengan pengalaman nyata Anda dapat memberikan gambaran antisipasi saat mengajarkan kepada siswa.
Ketiga, yang sangat menarik adalah dengan terjun beneran bisnis online, Anda berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan bahkan penghasilannya dapat lebih besar dari gaji Anda sebagai guru SMK. Menarik Bukan?

Nah, inilah langkah awal menjadi guru bisnis online dan PKK SMK yang bisa Anda lakukan agar bisa menjadi guru yang profesional dan semoga dapat mencetak lulusan-lulusan yang benar-benar kompeten sehingga benar-benar dapat Bekerja, melanjutkan atau Wirausaha. Bukan justru menambah pengangguran.

Mau E Book GRATIS?
11 Resep Tokcer Memulai Bisnis Online
Resep yang lebih tokcer dari resep dokter tentunya,he

 DOWNLOAD E BOOK GRATIS


336x280